Senin, 21 Januari 2019

Kepingin Tahu Kaidah Budidaya Ikan Lele Yang Melimpah? Pakai Rumus Ini

Agar mampu menciptakan hasil panen ikan lele setinggi-tingginya, anda sepatutnya mengerti dulu volume air di dalam Kolam Terpal Bulat Bandung. Bukan luas kolam terpal. Tujuan mengira-ngira isi atau daya muat kolam terpal ialah untuk mencapai padat tebar ikan lele yang ideal.

Dari pemaparan berikut anda dapat menemukan rumus Mereka-reka kapasitas kolam terpal bundar yang dapat anda gunakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda punyai diameter 5m dan tinggi 1 meter, jadi kekuatan kolam terpal bulat anda yaitu sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air sampai penuh. Buat Mereka-reka berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda pakai untuk  Menaksir ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam pengembangbiakan ikan lele pada level yang tergolong rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level yang tergolong normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang masih dalam kriteria tinggi atau yang sering dikenal dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bundar anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada kapasitas rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menggunakan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika berternak ikan lele.

Contoh diatas hanya sekedar panduan. Saat mempraktekkannya kemungkinan anda akan bertemu jumlah padat tebar yang bermacam-macam di tiap – tiap peternak ikan lele. Itu sangat wajar, karena setiap pengelola usaha perikanan ikan lele pastilah memiliki pengetahuan dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain.

Nah apa saja sebenarnya aspek penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak beberapa pemaparan dalam artikel berikut :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Senada dengan manusia, ikan pun perlu cukup oksigen supaya bisa hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil pastinya cukup mendapatkan oksigen di air kolam. Tapi, disaat ikan makin tumbuh besar dan dengan jumlah yang tidak berkurang, pastinya kebutuhan oksigen untuk ikan juga makin banyak pula.

Bagaimana triks atau kiat supaya kebutuhan oksigen dalam air kolam tetap terpenuhi?

Buat menjawab kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan membarui air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Bila ikan belum masanya panen namun ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu menunjukkan ikan harus dipindah ke kolam lainnya.

2. Faktor Lingkungan

Suasana diseputar kolam terpal kadang-kadang juga berdampak pada jumlah padat tebar ikan lele. Tidak sedikit petani terkadang merampingkan padat tebar ikan lele disaat cuaca tak mendukun seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Pengurangan padat tebar pas musim – musim ekstrim mendesak untuk untuk memproteksi para pembudidaya ikan lele dari resiko gagal panen.

3. Metode Budidaya

Dalam prakteknya, teknik mengembangbiakkan ikan lele juga bisa berdampak pada volume kolam lele bulat. Missal, bertani ikan lele menggunakan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih baik dibandingkan dengan metode bertani ikan lele lainnya. Ini mungkin sekali terjadi dikarenakan metode budidaya dengan system bioflok mempunyai pakan alami yang banyak yang berpangkal dari gugusan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang mengandalkan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dilansir dari efishery.com padat tebar ikan lele dengan memanfaatkan system RAS dapat menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

Sirkulasi air amat erat hubungannya dengan kesiapan oksigen dalam kolam ikan lele. Dengan perputaran air yang apik, oksigen yang terkandung dalam air makin bertambah. Alhasil padat tebar dapat ditingkatkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar